Topik 20 - Modul 4 | Agar Sama-sama, Meski Beda-beda

Topik 20 - Modul 4 |  Agar Sama-sama, Meski Beda-beda

Rumus mengukur risiko yang tepat, adalah…

A. Jumlah kerentanan tanpa ancaman, dibagi dengan kapasitas
B. Jumlah kapasitas dibagi dengan jumlah ancaman ditambah kerentanan
C. Jumlah ancaman dikali kerentanan, dan ditambah dengan kapasitas
D. Jumlah ancaman dikali kerentanan dan dibagi dengan kapasitas

 Berikut salah satu ciri dari tipe stabilizer yang tepat, yaitu…
A. Butuh tegangan tinggi, agar berfungsi
B. Sangat terpengaruh dengan situasi dan tegangan di luar
C. Suasana, tegangan, dan stimulus naik turun, namun respons tetap stabil
D. Tidak mampu stabil, jika tegangan terlalu tinggi

Yang tidak termasuk penerapan strategi mengasah empati adalah…
A. Bertanya kepada peserta didik yang melakukan kesalahan, dan mendengarkannya dengan seksama
B. Memberikan perlakuan atau hukuman dengan merata, tidak peduli apapun alasan serta kondisi murid
C. Memiliki sensitivitas saat berkomunikasi dengan murid
D. Melakukan refleksi berkala, berdialog dengan netral tanpa menilai dan menghakimi

Yang bukan merupakan contoh praktik baik yang dapat meningkatkan toleransi adalah…
A. Melakukan ibadah di tempat ibadah yang berbeda
B. Bermain permainan dari berbagai macam daerah
C. Mempromosikan nilai perdamaian melalui fashion
D. Kompetisi olahraga yang melibatkan keragaman

Ciri dari aspek kerentanan adalah...
A. Berasal dari eksternal dan bisa diandalkan
B. Tidak bisa dikendalikan dan berasal darimana saja
C. Berasal dari internal dan bisa dikendalikan
D. Tidak bisa dikendalikan karena berasal dari eksternal

Yang bisa dilakukan agar tidak merespons kejadian dengan reaktif adalah...
A. Tarik nafas dan mengamati
B. Menghindar dari masalah
C. Memprovokasi agar tidak sendiri
D. Tarik nafas dan melarikan diri

Salah satu contoh yang tepat menggambarkan empati emosional adalah...
A. Ibu/Bapak Guru menahan diri untuk memarahi peserta didik di depan teman-temannya karena khawatir mereka merasa malu
B. Ibu/Bapak Guru mengerti alasan peserta didik bertengkar salah satunya karena dihina secara fisik
C. Ibu/Bapak Guru ikut merasa bangga, karena peserta didik yang berlatih dengan rajin berhasil menang di kompetisi
D. Ibu/Bapak Guru mau memberikan waktu tambahan untuk mengumpulkan tugas kepada peserta didik yang seminggu dirawat di Rumah Sakit

Tujuan dari kegiatan yang mempertemukan dua karakter sekolah yang berbeda adalah untuk...
A. Menimbulkan perdebatan
B. Menunjukkan sekolahnya adalah yang terbaik
C. Meruntuhkan prasangka
D. Menunjukan ketimpangan sosial

Berikut salah satu ciri dari tipe termometer yaitu...
A. Selalu mengukur suhu di sekitarnya
B. Bertindak cepat, tanpa memikirkan dampak
C. Tidak bersahabat dengan orang yang dingin
D. Tenang, netral dan tidak cepat panas


Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam kapasitas untuk mengindari intoleransi adalah…
Jawaban : B

Salah satu contoh yang tepat dalam menggambarkan empati kognitif yaitu...
Jawaban: A. (Ibu dan Bapak guru dapat memahami kenapa peserta didik cemas ketika diminta menjawab pertanyaan sulit, sebab bisa membayangkan bila berada di posisinya)













Belum ada Komentar untuk "Topik 20 - Modul 4 | Agar Sama-sama, Meski Beda-beda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel