Topik 17 - Modul 2 | Layanan Responsif



Topik 17 - Modul 2 |  Layanan Responsif

Soal 1. Berikut ini yang bukan merupakan poin utama dalam merencanakan tindak lanjut hasil konseling individu adalah ...
A. Sasaran
B. Program atau kegiatan
C. Bukti
D. Waktu

Soal 2. Untuk membuat rencana aksi hasil konseling individu, pendidik dapat melihat kembali...
A. Bagan analisis kolom perilaku
B. Hasil wawancara
C. Hasil observasi
D. Bagan analisis masalah kolom strategi

Soal 3. Ketika pendidik menyusun strategi pada bagan analisis masalah, apa hal utama yang harus diperhatikan?
A. Keinginan orang tua
B. Melibatkan berbagai pihak
C. Kebutuhan peserta didik
D. Sesuai dengan target dari pihak sekolah

1) Seminar
2) Diskusi kelompok terpimpin
3) Lokakarya tentang parenting
4) Kerja sama memeriksa buku komunikasi
Manakah yang merupakan alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melibatkan dan memberdayakan orang tua?
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1,3 dan 4
D. Semua jawaban benar

Soal 5. Kapan waktu yang tepat untuk fasilitator konseling menyamakan pemahaman terkait apa itu konseling kelompok dan bagaimana pelaksanaannya?
A. Pada saat kegiatan refleksi
B. Pada saat diskusi pencarian solusi
C. Pada saat diskusi eksporasi masalah
D. Pada saat kegiatan pembukaan awal

Soal 6. Perhatikan pernyataan berikut ini
1) Perkembangan hormon, fisik, dan emosional
2) Hakikat manusia sebagai makhluk sosial
3) Proses pencarian jati diri
4) Kurang optimalnya lingkungan rumah
Manakah pernyataan yang menunjukkan penyebab internal menurut kasus konflik kekuasaan pada remaja?
A. 1
B. 2 dan 4
C. 1,2, dan 3
D. Semua jawaban bernar

Soal 7. Bapak Rendra selaku guru Bkdi sekolah Bahagia melakukan observasi di kelas XIII-C. Ia menemukan satu peserta didik yang memiliki masalah motivasi belajar. Langkah yang kurang tepat untuk dilakukan Bapak Rendra adalah...
A. Mendiskusikan masalah peserta didik dengan teman sebayanya
B. Melibatkan orang tua peserta didik yang bersangkutan jika dibutuhkan
C. Melibatkan psikkolog, psikiater, atau tenaga ahli lainnya jika dibutuhkan
D. Mengajak peserta didik tersebut berdiskusi mengenal masalahnya


Soal 1. Tujuan dari layanan responsif adalah...
A. Membantu peserta didik melakukan peminatan mata pelajaran
B. Membantu peserta didik menyelesaikan masalah terkait akademik, sosial, atau pribadi dengan segera
C. Memberikan pemahaman mengenai isu sosial yang sedang terjadi di masyarakat
D. Membantu peserta didik menentukan karir di masa depan

Soal 1. Berdasarkan kasus Ani, Bu Halimah, dan Pak Fajar menuliskan faktor penyebab perilaku, diantaranya:
1) Mudah terdistraksi
2) Orang tua yang sibuk
3) Kecepatan belajar teman sekelas yang lebih cepat
4) Mudah menyerah saat diberikan tantangan
Manakah yang termasuk kedalam faktor internal...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 3 dan 4

Soal 2. Apa tujuan dari konseling individu?
A. Merupakan langkah lanjutan ketika peserta didik mengalami permasalahan kompleks
B. Meningkatkan kesadaran peserta didik untuk memperbaiki diri dan mencari solusi pada masalah yang dialami
C. Merupakan langkah lanjutan ketika masalah yang dihadapi peserta didik diluar kemampuan guru BK
D. Mengetahui efektivitas program yang sudah direncanakan

Soal 3. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk membantu peserta didik merancang tindak lanjut adalah dengan menggunakan lembar rencana aksi.
Yang bukan merupakan komponen dari lembar rencana aksi yaitu ...
A. Situasi saat ini
B. Situasi yang diinginkan
C. Faktor eksternal
D. Hal-hal yang bisa dilakukan berbeda

Soal 1. Konflik dalam kelompok di sekolah dapat diselesaikan walaupun tanpa adanya guru bimbingan konseling (BK). Pernyaatan tersebut sesuai dengan video yang mana menyelesaikan konflik dalam kelompok dapat difasilitasi oleh...
A. Kepala sekolah yang memiliki sertifikasi
B. Wali kelas yang mempunyai kompetensi untuk mengemban peran BK
C. Petugas administrasi sekolah
D. Guru Bimbingan Konseling

Soal 2. Berikut ini yang bukan merupakan pertimbangan dalam membentuk kelompok pada pelaksanaan konseling kelompok, yaitu...
A. Keaktifan dalam diskusi
B. Hasil observasi perilaku
C. Memiliki masalah yang relatif sama
D. Profil murid yang relatif sama

Soal 3. Bagaimana cara peserta didik dapat telibat dalam penyusunan rencana aksi layanan  bimbingan dan konseling?
A. Mengisi seminar dan lokakarya
B. Mengisi dikusi kelompok terpumpun
C. Mengisi lembar refleksi dan rencana aksi
D. Mengisi rencana aksi layanan satu semester

Apa yang dapat dilakukan jika satuan pendidikan tidak memiliki guru BK untuk melakukan konseling individu?
Jawaban  : C

Manakah tindakan yang perlu dilakukan saat memfasilitasi konseling kelompok?
(A) Menanggapi dengan cepat setiap cerita peserta didik
(B) Memotong cerita dari peserta didik saat belum selesai bercerita
(C) Mermbiarkan peserta didik menyampaikan semua yang ingin disampaikan terlebih dahulu
(D) Memaksakan saran dan nasihat secara langsung untuk peserta didik

Manakah dari pernyataan berikut yang tidak perlu dilakukan oleh peserta didik dalam mengisi lembar refleksi dan rencana aksi?
Jawaban  : D

Keterampilan yang harus dimiliki pendidik saat menyelesaikan masalah pribadi peserta didik adalah…
(A) Menjadi pendengar aktif, tidak meminak pada siapapun, menganggap remeh isu peserta didik
(B) Dominan dalam konseling, bersikap netral, dan sensitf terhadap isu peserta didik
(c) Menjadi pendengar yang baik, berpihak pada peserta didik, dan memiliki sensitivitas
(D) Menjadi pendengar aktif, bersikap netral, dan sensitif terhadap isu peserta didik







Belum ada Komentar untuk "Topik 17 - Modul 2 | Layanan Responsif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel