Topik 16 - Modul 3 | Ayo, Perkuat Literasi

Topik 16 - Modul 3 | Ayo, Perkuat Literasi

Mengapa kemampuan literasi atas teks nonfiksi bisa membantu murid mencapai tujuan pembelajaran?
(A) Murid membutuhkan imajinasi yang tertuang dalam teks non fiksi
(B) Dengan teks non fiksi memberikan ragam bacaan yang dapat menguatkan pengetahuan dan menmabha kosakata murid
(C) Kemampuan literasi atas teks nonfiksi membantu murid dalam bermain
(D) semua benar

Apakah yang dimaksud dengan teks fiksi?
(A) Rangkaian kata-kata yang berdasarkan kenyataan, dan berisi khayalan.
(B) Rangkaian kata-kata yang berdasarkan kenyataan, dan tidak berisi khayalan.
(c) Rangkaian kata-kata yang tidak berdasarkan kenyataan dan tidak berisi khayalan.
(D) Rangkaian kata-kata yang tidak berdasarkan kenyataan, dan berisi khayalan.

Teks fiksi berbentuk historis dapat digunakan dalam mata pelajaran….
(A) IPA
(B) Matematika
(C) PJOK
(D) Sejarah


Pak Domi melakukan aktivitas yang dapat membangun berbagai sasaran literasi. Saat ini ia melihat beberapa referensi, yaitu
Aktivitas:
1.Membaca nyaring cerita terbuka
2.Melontar pertanyaan pemantik
3.Menulis kosa kata sulit
4.Membaca teks
Sasaran:
A. Menambah wawasan kosa kata
B. Membangun kemampuan menyimak
C. Membangun kemampuan menjawab kontekstual
D. Membangun pemahaman membaca.
Pasangkanlah aktivitas dan sasaran literasi yang sesuai untuk meningkatkan kompetensi literasi peserta didik!
(A) 1A, 2B, 3C, 4D
(B) 1B, 2C, 3A, 4D
(C) 1C, 2D, 3A, 4B
(D) 1D, 24, 3B, 4C


Setelah jam membaca, Bu Murni mengajak anak-anak di kelas melakukan percobaan mengapung dan tenggelam menggunakan berbagai jenis bahan dan media. Sebelumnya Bu Murni mengajak peserta didik membaca buku dengan latar belakang pantai. Apakah kegiatan ini relevan dengan kegiatan membaca sebelumnya, dan apa alasannya?
(A) Tidak relevan. Kegiatan percobaan mata pelajaran IPAS, membaca itu mata pelajaran Bahasa Indonesia.
(B) Relevan. Karena cerita yang dibacakan berasal dari Riau.
(C) Tidak relevan. Kegiatan membaca membangun kemampuan iterasi, kegiatan percobaan butuh daya analisis dan kreasi
(D) Relevan. Cerita yang dibacakan bisa menjadi pembuka kegiatan karena latar cerita di daerah pesisir pantai dan ada bagian cerita tokoh naik perahu.

Berikut merupakan ciri dari teks non fiksi. Kecuali
(A) Menceritakan kejadian yang pernah terjadi
(B) Berdasarkan data
(C) Bersitat formal dan fleksibel
(D) Bersitat faktual


Teks non fiksi dapat digunakan pada mata pelajaran…
(A) Sejarah
(B) Bahasa Indonesia
(C) Fisika
(D) semua Benar


Jika ada jawaban yang keliru saat menggali pengetahuan awal peserta didik, yang perlu dilakukan seorang pendidik adalah:
A. Membiarkan saja karena murid pasti berubah
B. Langsung mengoreksi pendapat peserta didik agar kekeliruan segera bisa dihindari.
C. Menampung semua jawaban
D. Melakukan asesmen awal pembelajaran kembali untuk kemampuan dan pengetahuan awal peserta didik

Dibawah ini kriteria teks Fiksi sebagai bahan untuk Literasi, adalah?
A. Keterbacaan
B. Tema dan Isi Cerita
C. Panjang Cerita
D. Semua Jawaban Benar


Pak Domi melakukan aktivitas yang dapat membangun berbagai sasaran literasi. Saat ini ia melihat beberapa referensi, yaitu?
Aktivitas:
1) Membaca nyaring cerita terbuka
2) Melontar pertanyaan pemantik
3) Menulis kosa kata sulit
4) Membaca teks
Sasaran:
A. Menambah wawasan kosa kata
B. Membangun kemampuan menyimak
C. Membangun kemampuan menjawab kontekstual
D. Membangun pemahaman membaca.
Pasangkanlah aktivitas dan sasaran literasi yang sesuai untuk meningkatkan kompetensi literasi peserta didik!
A. 1) dan A, 2) dan B, 3) dan C, 4) dan D
B. 1) dan B, 2) dan C, 3) dan A, 4) dan D
C. 1) dan C, 2) dan D, 3) dan A, 4) dan B
D. 1) dan D, 2) dan A, 3) dan B, 4) dan C

Aktivitas:
Membuat infografis akan sejarah impor dunia
Membuat dummy/pemodelan akan jual beli pasar modern
Riset untuk meneliti proses ekspor impor dari masa ke masa
Membuat poster ajakan membeli barang dari luar negeri
Membuat pertunjukkan/role play terkait kebijakan kenaikan BBM di Indonesia
Dari 5 pilihan aktivitas di atas, pilihalh 2 yang menurut Ibu dan Bapak dapat menguatkan kemampuan literasi di kelas sejarah.
Jaawaban : 1  dan 3


Berikut merupakan jenis teks non fiksi, yaitu?
A. Biografi
B. Buku teks sejarah
C. Jurnal Ilmiah
D. Semua benar

































Belum ada Komentar untuk "Topik 16 - Modul 3 | Ayo, Perkuat Literasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel