Topik 16 - Modul 2 | Kompetensi Literasi dalam Rapor Pendidikan
April 04, 2023
Tambah Komentar
Topik 16 - Modul 2 | Kompetensi Literasi dalam Rapor Pendidikan
Kemampuan apa yang harus dimiliki peserta didik setelah mampu mengakses dan menemukan isi teks?
(A) Membangun makna baru dari informasi-informasi yang ada pada teks
(B) Mampu menyalin semua isi teks
(C) Mengidentifikasi kalimat fakta dan opini
(D) semua salah
Salah satu cara menemukan kata kunci adalah....
(A) Kata-kata di tengan kalimat.
(B) Kata-kata yang ada huruf kapital
(C) Kata-kata yang sering muncul
(D) semua benar
Manakah yang BUKAN kegiatan menginterpretasi dan memahami isi teks?
(A) Membandingkan dan mengkontraskan ide
(B) Menemukan kata yang belum dipahami artinya
(C) Membuat koneksi dan prediksi
(D) Menyimpulkan isi teks
Berikut cuplikan teks di kelas bu Ana,
“Minggu pagi Lani menyirami bunga. Lani menyirami bunga sambil bernyanyi. Lagu yang dinyanyikannya “Lihat Kebunku”. Lani menyanyikannya dengan penuh semangat.”
Kegiatan berikut dapat dilakukan setelah kegiatan membaca kecuali:
(A) Mengajak peserta didik membaca buku lainnya
(B) Mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang berkaitan dengan bunga.
(C) Mengajak peserta didik mengingat teks atau pengalaman peserta didik yang berkaitan dengan cerita Lani.
(D) Mengajak peserta didik membuat kolase bunga
Untuk memiliki kemampuan mengevaluasi dan merefleksikan isi teks, murid sebelumnya harus mampu
(A) Menginterpretasi informasi
(B) Memahami pembicaraan
(C) Menginterpretasi dan memahamiisi teks
(D) strategi mengevaluasi dan merefleksi si teks
Sebaiknya kita memberikan pertanyaan tertutup pada kegiatan evaluasi dan refleksi isi teks untuk jenjang SMP dan SMA.
Pernyataan di atas adalah..
A. Benar
B. Salah
Manakah alasan pentingnya peserta didik memiliki kemampuan menginterpretasi dan memahami isi teks?
(A) Peserta didik dapat menemukan informasi yang diperlukan
(B) Peserta didik dapat menebak isi buku dari judulnya
(C) peserta didik dapat menambah kosakata
(D) Peserta didik dapat memanfaatkan informasi yang dibaca
Untuk membantu menguatkan kemampuan menginterpretasi dan memahami isi teks, kita dapat ajak peserta didik untuk mengaitkan pengalaman dirinya dengan teks yang dibaca. Kapan hal itu dapat dilakukan?
(A) sebelum membaca
(B) saat membaca
(C) setelan mempaca
(D) semua jawaban benar
Berikut adalah yang tergolong kemampuan mengevaluasi dan merefleksikan isi teks, kecuali...
(A) Menganalisis teks fiksi dan non fiksi
(B) Memprediksi teks informasional fiksi dan non fiksi
(C) Harus menyampaikan isi teks dalam bentuk percakapan dua orang.
(D) Menginterpretasiteks fiksi dan non fiksi
Bagaimana jika murid tak bisa mengevaluasi isi teks?
(A) Murid akan menikmati proses belajar
(B) Murid merasa senang
(C) Murid akan tertarik pada isi teks
(D) Murid akan merasa kesulitan menangkap informasi dalam teks
Langkah pertama dalam mengakses dan menemukan isi teks dapat dilakukan dengan cara
(A) Temukan topik
(B) Temukan kata kunci
(C) Identifikasi kemampuan membaca
(D) Berikan akses seluas-luasnya kepada guru
Apa yang bisa dilakukan guru agar kegiatan mengevaluasi isi teks menarik?
(A) Cara mengevaluasi sudah ditentukan
(B) Cara mengevaluasi satu jenis saja
(C) Cara mengevaluasi dapat dilakukan dengan produk akhir murid yang beragam
(D) Cara mengevaluasi tidak boleh sama dengan murid lain
Salah satu cara mengidentifikasi tahap perkembangan dan latar belakang murid…
(A) Hasil analisis karakteristik merupakan dokumen yang harus diserahkan kepada pihak dinas pendidikan
(B) Menampilkan teks informasional (non-fiksi) dan sastra untuk melihat kemampuan menganalisis, memprediksi, dan menilai konten, serta
unsur bahasa.
(C) Analisis karakteristik merupakan langkah akhir yang menentukan
kualitas sebuah kurikulum operasional di satuan pendidikan
(D) Hasil analisis karakteristik satuan pendidikan akan digunakan pemerintah pusat sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan tujuan pendidikan nasional
Belum ada Komentar untuk "Topik 16 - Modul 2 | Kompetensi Literasi dalam Rapor Pendidikan"
Posting Komentar