Topik 04 - Modul 3 | Penggunaan Hasil Asesmen SMP dan SMA/SMK/Paket B-C
Februari 02, 2023
Tambah Komentar
Penggunaan Hasil Asesmen SMP dan SMA/SMK/Paket B-C
Soal no 1.
Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.
A. Benar
B. Salah
jawaban : A
Soal no 2.
Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
1. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
2. Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
3. Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
4. Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.
5. Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.
Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 2 dan 3
E. 1 dan 5
jawaban : B
Soal no 3.
Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas XI pada mata pelajaran Kimia di awal tahun ajaran baru berikut.
- Mayoritas murid sudah memahami cara jenis dan cara menuliskan reaksi kimia.
- Mayoritas murid sudah memahami teori hukum dasar kimia.
- Mayoritas murid tidak bisa menyelesaikan studi kasus aplikasi hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?
A. Mengubah rencana pembelajaran di awal untuk beberapa pertemuan menjadi berfokus pada penerapan
B. Bisa memulai pembelajaran di face F karena sebagian besar murid sudah memahami konsep dasar. Bagi murid yang belum memahami diberikan latihan tambahan
C. Masuk memulai pembelajaran di fase F dan memberikan murid bahan ajar-bahan ajar tambahan mengenai penerapan ilmu kimia untuk murid pelajari secara mandiri
D. Bisa memulai pembelajaran di fase F dan mencoba mengundang narasumber kimia ke sekolah untuk menjelaskan penerapan hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
jawaban : C
Soal no 2.
Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
1. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
2. Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
3. Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
4. Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.
5. Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.
Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 2 dan 3
E. 1 dan 5
jawaban : B
Soal no 3.
Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas XI pada mata pelajaran Kimia di awal tahun ajaran baru berikut.
- Mayoritas murid sudah memahami cara jenis dan cara menuliskan reaksi kimia.
- Mayoritas murid sudah memahami teori hukum dasar kimia.
- Mayoritas murid tidak bisa menyelesaikan studi kasus aplikasi hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?
A. Mengubah rencana pembelajaran di awal untuk beberapa pertemuan menjadi berfokus pada penerapan
B. Bisa memulai pembelajaran di face F karena sebagian besar murid sudah memahami konsep dasar. Bagi murid yang belum memahami diberikan latihan tambahan
C. Masuk memulai pembelajaran di fase F dan memberikan murid bahan ajar-bahan ajar tambahan mengenai penerapan ilmu kimia untuk murid pelajari secara mandiri
D. Bisa memulai pembelajaran di fase F dan mencoba mengundang narasumber kimia ke sekolah untuk menjelaskan penerapan hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
jawaban : C
Soal no 5.
Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.
Guru: "Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?
Murid: "Hmm... judul?
Guru: "Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang mau kamu angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?
Murid: "Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"
A. Klarifikasi
B. Nilai
C. Perhatian
D. Saran
E. Apresiasi
jawaban : D
Soal no 6.
Pengolahan nilai akhir didapatkan dari data ....
A. Asesmen formatif
B. Asesmen sumatif
C. Asesmen formatif dan sumatif
D. Dapat asesmen formatif atau asesmen sumatif tergantung pada pertimbangan satuan pendidikan
jawaban : B
Soal no 7.
Penulisan deskripsi di rapor murid berdasarkan pada ....
A. Capaian Pembelajaran
B. Alur tujuan pembelajaran
C. Point penting dari materi yang sudah diberikan
D. Semua benar
jawaban : D
Soal no 8.
Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju. Mendekati akhir semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah karena mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya. Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor.
Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan terapkan di sekolahnya?
A. Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian rapor
B. Membuat portofolio untuk divariasikan bersama dengan pembagian rapor
C. Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor
D. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor
jawaban : D
Soal no 1.
Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.
A. Benar
B. Salah
jawaban : A
Soal no 2.
Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
1. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
2. Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
3. Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
4. Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.
5. Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.
Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 2 dan 3
E. 1 dan 5
jawaban : B
Soal no 3.
Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas XI pada mata pelajaran Kimia di awal tahun ajaran baru berikut.
- Mayoritas murid sudah memahami cara jenis dan cara menuliskan reaksi kimia.
- Mayoritas murid sudah memahami teori hukum dasar kimia.
- Mayoritas murid tidak bisa menyelesaikan studi kasus aplikasi hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?
A. Mengubah rencana pembelajaran di awal untuk beberapa pertemuan menjadi berfokus pada penerapan
B. Bisa memulai pembelajaran di face F karena sebagian besar murid sudah memahami konsep dasar. Bagi murid yang belum memahami diberikan latihan tambahan
C. Masuk memulai pembelajaran di fase F dan memberikan murid bahan ajar-bahan ajar tambahan mengenai penerapan ilmu kimia untuk murid pelajari secara mandiri
D. Bisa memulai pembelajaran di fase F dan mencoba mengundang narasumber kimia ke sekolah untuk menjelaskan penerapan hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
jawaban : C
Soal no 2.
Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
1. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
2. Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
3. Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
4. Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.
5. Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.
Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 2 dan 3
E. 1 dan 5
jawaban : B
Soal no 3.
Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas XI pada mata pelajaran Kimia di awal tahun ajaran baru berikut.
- Mayoritas murid sudah memahami cara jenis dan cara menuliskan reaksi kimia.
- Mayoritas murid sudah memahami teori hukum dasar kimia.
- Mayoritas murid tidak bisa menyelesaikan studi kasus aplikasi hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?
A. Mengubah rencana pembelajaran di awal untuk beberapa pertemuan menjadi berfokus pada penerapan
B. Bisa memulai pembelajaran di face F karena sebagian besar murid sudah memahami konsep dasar. Bagi murid yang belum memahami diberikan latihan tambahan
C. Masuk memulai pembelajaran di fase F dan memberikan murid bahan ajar-bahan ajar tambahan mengenai penerapan ilmu kimia untuk murid pelajari secara mandiri
D. Bisa memulai pembelajaran di fase F dan mencoba mengundang narasumber kimia ke sekolah untuk menjelaskan penerapan hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
jawaban : C
Soal no 5.
Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.
Guru: "Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?
Murid: "Hmm... judul?
Guru: "Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang mau kamu angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?
Murid: "Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"
A. Klarifikasi
B. Nilai
C. Perhatian
D. Saran
E. Apresiasi
jawaban : D
Soal no 6.
Pengolahan nilai akhir didapatkan dari data ....
A. Asesmen formatif
B. Asesmen sumatif
C. Asesmen formatif dan sumatif
D. Dapat asesmen formatif atau asesmen sumatif tergantung pada pertimbangan satuan pendidikan
jawaban : B
Soal no 7.
Penulisan deskripsi di rapor murid berdasarkan pada ....
A. Capaian Pembelajaran
B. Alur tujuan pembelajaran
C. Point penting dari materi yang sudah diberikan
D. Semua benar
jawaban : D
Soal no 8.
Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju. Mendekati akhir semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah karena mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya. Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor.
Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan terapkan di sekolahnya?
A. Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian rapor
B. Membuat portofolio untuk divariasikan bersama dengan pembagian rapor
C. Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor
D. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor
jawaban : D
Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan
Jawaban : Benar
Belum ada Komentar untuk "Topik 04 - Modul 3 | Penggunaan Hasil Asesmen SMP dan SMA/SMK/Paket B-C"
Posting Komentar