KISI-KISI USBN Biologi Kurikulum : 2013
Maret 13, 2019
Tambah Komentar
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Biologi
Kurikulum : 2013
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||||
Enzim dan Metabolisme
|
Mikroorganisme
|
Polusi/Pencemaran Lingkungan
|
Keanekaragaman
Hayati dan Ekologi
|
Bioteknologi
|
|
Pengetahuan
dan
Pemahaman
-
menyebutkan
-
menjelaskan
-
mengidentifikasi
-
menunjukkan
-
mendeskripsikan
|
Siswa mampu:
• Mengidentifikasi ciri-ciri enzim
• Mendeskripsikan peranan enzim dalam metabolisme pada
tumbuhan
•
Menyebutkan pengertian
glikolisis
|
Siswa mampu:
Mengidentifikasi
: o jamur
berdasarkan ciri-cirinya. o
virus
berdasarkan cara
reproduksinya
|
Siswa mampu:
• Menjelaskan
karakteristik limbah
• Menyebutkan
:
o macam-macam
limbah o metode mengolah limbah
tumbuhan
(3R)
|
Siswa mampu:
•
Menunjukkan :
o
tingkat
keanekaragaman
hayati
o interaksi
yang terjadi dalam ekosistem dalam bentuk bagan
• Mengidentifikasi
macam-macam
ekosistem
|
Siswa mampu:
• Menjelaskan
prinsip bioteknologi
• Menyebutkan
macam-macam produk bioteknologi
•
Mengidentifikasi mikroba yang tepat pada produk
bioteknologi
|
Aplikasi
-
menerapkan
-
mengurutkan
-
mengklasifikasi
-
menentukan
-
memilih
|
Siswa mampu:
•
Menentukan persamaan reaksi pada respirasi
seluler (aerob)
•
Mengurutkan empat tahapan
|
Siswa mampu
Mengklasifikasi :
o bakteri
berdasarkan bentuknya
o
jamur
berdasarkan
ciri
|
Siswa mampu:
Menentukan
jenisjenis limbah berdasarkan wujudnya
|
Siswa mampu:
Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan ciri, sifat dan tempat hidupnya
|
Siswa mampu:
Menerapkan
konsep dan prosedur bioteknologi
|
Level Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
||||
Enzim dan Metabolisme
|
Mikroorganisme
|
Polusi/Pencemaran Lingkungan
|
Keanekaragaman
Hayati dan Ekologi
|
Bioteknologi
|
|
reaksi pada respirasi seluler
|
spora
seksual dan tubuh
buahnya
|
• Menerapkan
pengelolaan limbah di lingkungannya
•
Memilih jenis pengelolaan limbah yang sesuai.
|
Mengurutkan
peran mahluk hidup dalam
jarring-
jaringmakanan
|
Menentukan ciriciri bioteknologi konvensional
|
|
Penalaran dan
Logika
-
menganalisis
-
menelaah
-
mengaitkan
-
memecahkan
-
mendeteksi
-
membandingkan
-
menyimpulkan
-
merancang
|
Siswa mampu:
• Menelaah
jenis reaksi pada respirasi anaerob
• Menganalisis
sintesis asam lemak pada reaksi Krebs
• Menyimpulkan
hasil percobaan keaktifan enzim
katalase.
|
Siswa mampu:
•
Menganalisis :
o keterkaitan
antara jenisjenis bakteri dengan cara penanganannya
o ciri-ciri
jamur berdasarkan ciri morfologi dan anatominya
• Mengaitkan
antara jenis-jenis bakteri dengan kebutuhan hidupnya
|
Siswa mampu:
• Mengaitkan
dampak polusi terhadap perubahan lingkungan dan
kesehatan
• Memecahkan
permasalahan penanganan limbah yang sesuai
dengan contoh kasus
•
Merancang penanganan limbah padat
|
Siswa mampu:
• Menganalisis
interaksi yang berlangsung di dalam ekosistem
• Mendeteksi
ketidak seimbangan ekosistem darat
• Merancang
tindakan perbaikan dan pelestarian pelestarian lingkungan
•
Menelaah penyebab berkurangnya energi yang terjadi di
setiap tingkat trofik pada piramida energi
|
Siswa mampu :
• Mendeteksi
penyimpangan pada produk
bioteknologi
•
Membandingkan
kelebihan produk bioteknologi dan
bukan.
•
Menelaah
langkah dasar teknologi DNA
rekombinan
|
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI USBN Biologi Kurikulum : 2013"
Posting Komentar