SILABUS Dasar-Dasar Budidaya Perairan
Februari 15, 2019
Tambah Komentar
SILABUS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK
|
||
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
||
Mata Pelajaran
|
:
|
Dasar-Dasar Budidaya Perairan
|
||
Kompetensi Inti
|
:
|
|||
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
||
KI 2
|
:
|
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
||
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
||
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menghayati hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya sebagai bentuk
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
|||||
3.1. Menganalisis potensi budidaya perairan berdasarkan sumberdaya alam,
ekonomi dan sosial
|
1.
Analisis potensi
budidaya perairan berdasarkan salinitas
2.
Analisis potensi
budidaya perairan berdasarkan habitat
3. Potensi budidaya perairan berdasarkan komoditas
4. Jenis-jenis komoditas dan
karakteristik komoditas perairan yang memiliki nilai ekonomis tinggi baik
untuk tingkat lokal, regional, maupun internasional
5. Peranan budidaya perairan secara umum (ekonomi,
kesehatan, peluang kerja, kesejahteraan, pariwisata, dll) baik tingkat lokal,
regional, maupun internasional
|
Mengamati/Membaca
·
Mencari informasi
tentang luas sungai, danau, rawa, kolam, pantai dan laut di Indonesia yang
berpotensi sebagai lokasi budidaya ikan
·
Mencari informasi
tentang produksi jenis-jenis ikan di Indonesia
·
Mencari informasi
tentang jumlah tenaga kerja yang bergerak di bidang perikanan di Indonesia
·
Mencari informasi
tentang jenis-jenis komoditas ekspor perikanan dan peluang ekspor
Menanya
·
Mendiskusikan perkembangan perikanan di Indonesia
·
Mendiskusikan perkembangan produksi perikanan dan luas
wilayah Indonesia
·
Diskusi potensi
perairan Indonesia dan ketercapaian produksi perikanan
Mengeksplorasi/ Eksperimen
·
Diskusi tentang perkembangan konsumsi ikan perkapita dan
Produksi Ikan di Indonesia
Mengasosiasi
·
Menganalisis Hubungan
produksi Ikan, potensi wilayah dan sumbangan terhadap kesejahteraan
masyarakat
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan potensi
budidaya perairan berdasarkan sumber daya alam, ekonomi dan sosial
berdasarkan wilayah Indonesia
|
Tugas
· Memberikan tugas diskusi dan praktek
Observasi
· Melakukan pengamatan menggunakan lembar pengamatan hasil diskusi dan
percobaan
Portofolio
·
Mengumpulkan Data-data
potensi budidaya perairan berdasarkan sumberdaya alam, ekonomi dan sosial
Tes
·
Melakukan tes lisan
atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian /uraian singkat/B-S/
menjodohkan
|
30 JP
|
Referensi yang relevan dengan
materi
|
4.1.
|
|||||
3.2 Menganalisis sistem fisiologis biota air (ikan, kekerangan, krustasea dan
rumput laut)
|
1. Morfologi dan anatomi biota air
2. Perilaku dan tingkah laku makan biota air
3. Cara dan kebiasaan makan biota air
4. Adaptasi organ terhadap lingkungan
5. Macam-macam sistem pernapasan biota air
|
Mengamati/Membaca
·
Mencari informasi
tentang morfologi dan anatomi berbagai macam biota air
·
Mengamati morfologi jenis jenis biota air
·
Mengamati anatomi jenis jenis biota air
·
Mencari informasi
tentang perilaku dan tingkah laku makan biota air
·
Mengamati perilaku dan kebiasaan makan biota air
·
Mengamati sistem
pernapasan jenis jenis biota air
Menanya
·
Diskusi perkembangan
sistem fisiologis biota air
Mengeksplorasi/ Eksperimen
·
Melakukan percobaan
untuk membuktikan hubungan morfologi dan antomi dengan cara dan kebiasaan
makan
·
Melakukan praktikum
morfologi dan anatomi berbagai macam biota air
·
Melakukan percobaan
sistem pernafasan biota air
Mengasosiasi
·
Menganalisis hubungan
morfologi dan anatomi biota air dengan proses budidaya perairan
Mengkomunikasikan
·
Memprensentasikan
/menunjukkan organ morfologi dan antomi serta fungsi masing masing organ
·
Membuat laporan
praktikum
|
Tugas
·
Memberikan tugas
diskusi dan praktek
Observasi
·
Melakukan pengamatan
menggunakan lembar pengamatan hasil diskusi dan praktik tentang morfologi dan
anatomi biota air
Portofolio
·
Mengumpulkan hasil
diskusi dan praktik tentang fisiologis
biota air
Tes
Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian
/uraian singkat/B-S/ menjodohkan
|
30 JP
|
Referensi yang relevan dengan
materi
|
4.2 Mengidentifikasikan sistem fisiologis biota air (ikan, kekerangan,
krustasea dan rumput laut)
|
Belum ada Komentar untuk "SILABUS Dasar-Dasar Budidaya Perairan"
Posting Komentar