Topik 06 - Modul 4 | Merancang Modul Projek SMK
April 02, 2023
Tambah Komentar
Topik 6 - Modul 4 | Merancang Modul Projek SMK
Pak Luis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi merasa butuh penambahan alur kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih panjang pada kegiatan eksplorasi. Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam merancang modul projeknya?
Jawab : Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya
Pembuatan modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek...
Jawab : Semua benar
Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah:
Modul Projek memliki 5 dimensi
Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur
Setiap kegiatan sudah memiliki pertanyaan pemantik yang tepat sasaran
Dengan kondisi modul projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan panduan projek?
Jawab : Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini
Dalam satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi dan elemen yang menjadi fokus. Dimensi dan elemen diharapkan dapat tercakup dalam semua tema dalam 1 fase.
Pernyataan diatas adalah...
Jawab : Benar
SD Merdeka telah melakukan asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan sentra oleh-oleh daerah. Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra oleh-oleh tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek terkait dengan isu diatas?
Jawab : Kearifan Lokal
Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra.
Pernyataan di atas adalah..
Jawab : Salah
Bu Ganes sedang membuat rubrik asesmen projek SMP, bagaimanakah prinsip pembuatan rubrik asesmen yang benar?
Jawab : Bu Ganes harus membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat perbedaannya di tiap tingkatan penilaiannya
Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan ketua OSIS dengan kegaitan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasiilitas projek adalah..
Jawab : Suara Demokrasi
Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen ..... untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid
Jawaban yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah...
Jawab : Awal Pembelajaran
Dalam satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi dan elemen yang menjadi fokus. Dimensi dan elemen diharapkan dapat tercakup dalam semua tema dalam 1 fase.
Pernyataan diatas adalah...
Jawab : Benar
Belum ada Komentar untuk "Topik 06 - Modul 4 | Merancang Modul Projek SMK"
Posting Komentar