Topik 05 - Modul 1 | Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
April 02, 2023
Tambah Komentar
MODUL
Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Pada pendekatan jenis ini, Pendidik menetapkan serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan suatu tugas, projek akhir, projek penutup tema, atau apapun yang hendak dinilai. Apa pendekatan yang dimaksud?
A. pendekatan menggunakan skala atau interval nilai
B. pendekatan menggunakan deskripsi kriteria
C. pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio
D. pendekatan menggunakan rubrik.
Fungsi kolom “Kesimpulan” baik pada rubrik, deskripsi kriteria, dan skala interval nilai berfungsi untuk …
a. Menentukan predikat ‘lulus’ atau ‘tidak lulus’ bagi peserta didik.
b. Memberikan informasi bahwa peserta didik sudah mengumpulkan tugasnya
c. Menentukan skor atau nilai yang diperoleh peserta didik
d. Menentukan kualitas tugas peserta didik sekaligus menunjukkan bentuk intervensi yang perlu dilakukan oleh pendidik
Di bawah ini, contoh urutan jenjang capaian yang tepat dalam pendekatan rubrik adalah….
a. Baru berkembang, cakap, mahir, layak
b. Cakap, mahir, baru berkembang, layak
c. Baru berkembang, layak, cakap, mahir
d. Baru berkembang, mahir, layak, cakap
Pada tujuan pembelajaran “Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio” Berikut ini indikator tujuan pembelajaran yang tepat adalah….
a. Peserta didik mampu menunjukkan bagian teks narasi
b. Peserta didik menjelaskan kembali cerita teks narasi secara runtut
c. Peserta didik menulis cerita yang dibacakan guru
d. Peserta didik mendengarkan teks narasi yang dibacakan guru
Dari hasil asesmen olahraga kasti yang dilakukan, Pak Arto mendapati bahwa mayoritas murid kelas 5 mendapat poin di bawah 75. Bagi Pak Arto, data ini …
a. Merupakan nilai akhir saja
b. Adalah cerminan bahwa murid kelas 5 tidak tangkas
c. Menjadi informasi bahwa kasti adalah olahraga yang sulit
d. Menjadi dasar untuk memperbaiki perencanaan dan rancangan kegiatan olahraga kasti berikutnya
Interval nilai olahraga kasti:
0 - 40
Belum mencapai, remedial di seluruh bagian
41 - 75
Belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian tertentu
76 - 100
Sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial
101 - 150
Di atas ketuntasan, perlu pengayaan
Ternyata, dari total 30 peserta didik di kelas, 20 diantaranya mendapat nilai 60, karena kemampuan menangkap bola yang perlu ditingkatkan. Contoh tindak lanjut yang bisa diberikan bagi para peserta didik tersebut adalah...
a. Mengulang asesmen hanya untuk peserta didik bersangkutan
b. Mengulang asesmen untuk seluruh kelas
c. Menambah porsi latihan peserta didik dengan cara berlatih berpasangan (sparring partner)
d. Tidak perlu ada pengulangan apapun
Apa perbedaan paling mendasar antara pendekatan menggunakan deskripsi kriteria dengan pendekatan menggunakan rubrik?
a. Pada pendekatan rubrik, penjelasan untuk tiap indikator lebih komprehensif dibandingkan dengan pendekatan deskripsi kriteria
b. Pada pendekatan rubrik ada 4 tahap pencapaian, sedangkan pada pendekatan deskripsi kriteria hanya ada 2 tahap
c. Pendekatan rubrik diterapkan pada tugas berbentuk proyek jangka panjang, sedangkan pendekatan deskripsi kriteria untuk tugas berbentuk proyek jangka pendek hingga menengah
d. Pendekatan rubrik lebih memakan waktu, sedangkan pendekatan deskripsi kriteria lebih singkat waktunya
Setiap tahapan pada pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan ...
(A) Performa belajar peserta didik
(B) Indikator belajar peserta didik
(C) Media belajar peserta didik
(D) Model belajar peserta didik
ibu Sulis mengajarkan materi tentang Bahasa Indonesia pada fase B. Dalam tujuan pembelajaran tertera "peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara". Berikut ini indikator kompetensi yang tepat untuk membantu ibu Sulis menulis deskripsi kriteria tersebut adalah….
(A) peserta didik menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runut.
(B) peserta didik menjelaskan teks eksplanasi dengan baik.
(C) peserta didik memahami teks eksplanasi dengan baik.
(D) peserta didik mampu mendengarkan wawancara dengan baik.
Belum ada Komentar untuk "Topik 05 - Modul 1 | Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran"
Posting Komentar