KISI KISI USBN Bahasa Inggris 2013
Maret 13, 2019
Tambah Komentar
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kurikulum : 2013
Program : Semua Rumpun
Level Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
||
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
Unsur Kebahasaan
|
|
Pengetahuan
dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi/menentukan
aspek-aspek fungsi sosial :
˗ topik/isu/masalah
˗ tujuan/fungsi/pesan
˗ peran dan
fungsi pembicara/panulis
˗ peran dan fungsi pendengar/pembaca
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi/menentukan
keterkaitan makna antar bagian- bagian dalam teks :
˗ pandangan, maksud, pendapat yang
menjadi ide utama utama paragraf
˗ rincian argumentasi,
langkah-langkah, peristiwa, deskripsi,
˗ plot, alur pikiran
˗ konteks
penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb)
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi/menentukan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini :
-
persamaan kata, makna frasa
-
word
order
-
article,
demonstrative, possessive
-
pronoun
-
agreement
dan number
-
tenses
-
passive
voice
-
Reported
speech
-
referensi gramatika
-
kata sambung
-
preposisi
-
referensi makna
|
Aplikasi
•
Mengklasifikasi
•
Menerapkan
•
Menggunakan
|
Peserta didik mampu
mengklasifikasikan/menerapkan/ menggunakan aspek-aspek fungsi sosial:
˗ topik/isu/masalah
˗ tujuan/fungsi/pesan
˗ sikap/nilai yang diusung
|
Peserta didik dapat
mengklasifikasikan/menerapkan/ menggunakan keterkaitan makna antar
bagianbagian dalam teks:
˗ pandangan, maksud, pendapat
yang
˗ menjadi ide utama
˗ rincian argumentasi,
langkah-langkah,
|
Peserta
didik dapat mengklasifikasikan/menerapkan/
menggunakan unsur kebahasaan yang
terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
-
persamaan kata, makna frasa,
-
makna idiom
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
Unsur Kebahasaan
|
|
˗ peran dan fungsi pembicara/penulis
˗ peran dan fungsi pendengar/pembaca
|
˗ peristiwa, deskripsi,
˗ plot, alur pikiran
˗ Konteks penggunaan (a.l tempat,
˗ waktu, situasi, dsb)
|
-
word
order
-
sentence
order
-
article,
demonstrative, possessive
-
pronoun
-
agreement
dan number
-
tenses
-
passive
voice
-
referensi gramatika
-
kata sambung
-
preposisi
-
modal
-
kalimat conditional
-
konstruksi derivative
-
referensi makna
|
|
Penalaran
•
Menganalisis
•
Menyimpulkan
•
Memprediksi
|
Peserta didik dapat menganalisis/menyimpulkan/ memprediski
aspek-aspek fungsi sosial:
-
topik/isu/masalah
-
tujuan/fungsi/pesan
-
latar belakang/alasan
-
akibat/dampak/manfaat
-
sikap/nilai yang diusung
-
peran dan fungsi pembicara/penulis
-
peran dan fungsi pendengar/pembaca
|
Peserta didik dapat
menganalisis/menyimpulkan/ memprediksi
keterkaitan makna antar bagianbagian dalam teks:
-
pandangan, maksud, pendapat yang
-
menjadi ide utama
-
rincian argumentasi, langkah-langkah,
-
peristiwa, deskripsi,
-
plot, alur pikiran
-
konteks penggunaan (a.l tempat,
-
waktu, situasi, dsb)
|
Peserta didik dapat
menganalisis/menyimpulkan/ memprediksi
unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
-
persamaan kata, makna frasa,
-
makna idiom
-
sentence
order
-
tenses
(verb)
-
passive
voice
-
referensi gramatika
-
kata sambung
-
preposisi
-
modal
-
kalimat conditional
-
konstruksi derivative
-
kalimat, frasa, ungkapan, simpulan
-
referensi makna
|
Jenis-jenis
teks lisan dan tulisan untuk materi Fungsi Sosial, Struktur Teks, dan Unsur
Kebahasaan adalah:
- Teks transaksional/interpersonal lisan/tertulis. (antara lain: suggestion, offering, ordering, asking/giving opinion, past even, intention, congratulating, causeeffect, because of)
- Teks fungsional: letter, announcement, invitation.
- Teks esai: descriptive, procedure, recount, news item, narrative.
Belum ada Komentar untuk "KISI KISI USBN Bahasa Inggris 2013 "
Posting Komentar