KISI-KISI USBN Bahasa Indonesia KURIKULUM 2013 TAHUN 201819
Maret 13, 2019
Tambah Komentar
KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONALSEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kurikulum : 2013
Program :
Semua Rumpun
Level Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
|||||
Membaca Teks Nonsastra
|
Membaca
Sastra
|
Menulis Teks Nonsastra
|
Menulis Teks Sastra
|
Ciri dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
|
Aspek Kebahasaan pada Teks
|
|
Pengetahuan
dan
Pemahaman
•
Mengidentifikasi
•
Menemukan
•
Menentukan
|
Peserta didik dapat
- menentukan
isi tersurat teks nonsastra
- menentukan
makna
kata/istilah
pada teks
nonsastra
|
Peserta didik dapat
- menentukan
isi tersurat dalam teks sastra
- menentukan
makna kata/ ungkapan
pada teks sastra
|
Peserta didik dapat
- melengkapi
kata pada bagian teks nonsastra
- melengkapi
kata kohesi pada bagian teks
nonsastra
|
Peserta didik dapat
- melengkapi
kata/ungkapan pada bagian teks
sastra
- melengkapi
kata kohesi pada bagian teks sastra
|
Peserta didik dapat
- mengidentifikasi
ciri umum berbagai teks
- mengidentifikasi
bagian struktur teks
- menentukan
jenis teks berdasarkan strukturnya
|
Peserta didik dapat
- mengidentifikasi kata dari teks yang dibaca (kata baku,
kata khusus, kata
umum, kata emotif, kata bersinonim
- mengidentifikasi beragam kalimat
pada teks (kalimat definisi, kalimat perincian, kalimat
bermajas)
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||||
Membaca Teks Nonsastra
|
Membaca
Sastra
|
Menulis Teks Nonsastra
|
Menulis Teks Sastra
|
Ciri dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
|
Aspek Kebahasaan pada Teks
|
|
Aplikasi
•
Menyimpulkan
•
Mengurutkan
•
Melengkapi
•
Menyusun
|
Peserta didik dapat
- menentukan
ide pokok
- menyimpulkan
topik/ inti teks
- menyimpulkan
pertanyaan yang jawabannya
merupakan
inti teks
- menyimpulkan
isi tersirat dalam teks nonsastra
- mengurutkan
ringkasan sesuai
dengan isi teks
- menyimpulkan
hubungan dalam
teks
- menyimpulkan
persamaan isi kedua teks nonsastra
- menyimpulkan
perbedaan isi kedua teks nonsastra
- menyimpulkan
|
Peserta didik dapat
- menyimpulkan
isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/
penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral, nilai
budaya, nilai
sosial)
- menyimpulkan
persamaan isi
kedua teks sastra
- menyimpulkan
perbedaan isi kedua teks sastra
- mengurutkan
pokok-pokok
peristiwa
sesuai isi karya sastra
|
Peserta didik dapat
- melengkapi
kalimat pada teks nonsastra
- mengurutkan kalimat menjadi paragraf yang padu pada
teks nonsastra
- melengkapi
paragraf pada
teks nonsastra
- mengembangkan
argumen berdasarkan pernyataan (tesis)
- mengembangkan
paragraf klasifikasi berdasarkan bagan/ kata kunci
- melengkapi kerangka teks
- mengembangkan
kerangka isi
|
Peserta didik dapat
- melengkapi
majas pada bagian teks sastra
- melengkapi
bagian teks sastra (awal, inti akhir cerita)
- melengkapi
latar
- melengkapi
dialog yang
sesuai
|
Peserta didik dapat
- mengurutkan
struktur teks yang diacak
- merinci
struktur teks yang dibaca
- menyimpulkan
persamaan pola penyajian struktur teks
- menyimpulkan
perbedaan pola penyajian struktur teks
- mengklasifikasi
teks dengan menunjukkan bukti/alasan
|
Peserta didik dapat
- menyimpulkan
adanya kesalahan penggunaan kata
- menyimpulkan
adanya kesalahan kalimat (kalimat
efektif,
penggunaan
konjungsi dalam/antar kalimat definisi,
kalimat
perintah)
- menyimpulkan
adanya kesalahan paragraf dalam berbagai jenis teks
- menyimpulkan
adanya kesalahan ejaan
- mengelompokkan
kesalahan penggunaan kata/
kalimat/ejaan
- mengelompokkan
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||||
Membaca Teks Nonsastra
|
Membaca
Sastra
|
Menulis Teks Nonsastra
|
Menulis Teks Sastra
|
Ciri dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
|
Aspek Kebahasaan pada Teks
|
|
hubungan antarteks nonsastra
- (sebab-akibat, tesisargumen, umumrincian, masalahsolusi,
faktaprediksi)
|
sesuai judul
|
kesalahan penggunaan kalimat sesuai dengan kaidah
kebahasaan
|
||||
Penalaran
•
Mengevaluasi
•
Memprediksi
•
Merefleksi
•
Menyunting
•
Mengubah
•
Memvariasikan
•
Memetakan
•
Membandingkan
|
Peserta didik dapat
- memetakan
isi teks (mengubah teks menjadi peta
konsep yang sesuai)
- memprediksi
berdasarkan isi teks
- mengevaluasi
isi teks nonsastra
|
Peserta didik dapat
- membuktikan simpulan dengan data
pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
-
mengaitkan isi dengan kehidupan
saat ini
-
menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
-
menilai isi karya sastra
|
Peserta didik dapat
- memvariasikan
judul teks
- memvariasikan
bagian teks
- mengubah
teks nonsastra ke bentuk teks nonsastra lain
- memvariasikan judul teks
- mengembangkan/
menulis teks berdasarkan
kerangka isi
|
Peserta didik dapat
- memvariasikan
pola pengembangan
teks sastra
- mengubah
teks sastra ke bentuk
teks
sastra lain
- memvariasikan
judul teks
- mengembangkan/
menulis karya sastra
|
Peserta didik dapat
- menilai ketepatan bagian struktur
teks dengan menunjukkan
bukti/alasannya
- menilai
kelengkapan
struktur
teks dengan menunjukkan
bukti/alasannya
|
Peserta didik dapat
- memperbaiki kesalahan
penggunaan kalimat sesuai dengan
kaidah kebahasaan
(kalimat
efektif, penggunaan konjungsi, kalimat definisi, kalimat
perintah)
- memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca
- menilai
ketepatan
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||||
Membaca Teks Nonsastra
|
Membaca
Sastra
|
Menulis Teks Nonsastra
|
Menulis Teks Sastra
|
Ciri dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
|
Aspek Kebahasaan pada Teks
|
|
penggunaan kata/ kalimat
-
menunjukkan
alasan/bukti kesalahan
penggunaan
paragraf
(definisi, klasifikasi, sebabakibat, perincian, alasan-argumen,
masalah-solusi)
|
||||||
Teks yang digunakan:
|
laporan hasil observasi,
eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita
sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal, karya ilmiah, resensi, surat lamaran
pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik dan esai
|
anekdot,
cerpen, novel sejarah, novel, cerita rakyat,
hikayat, puisi, drama
|
laporan
hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial,
berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah,
proposal, karya ilmiah, resensi,
|
anekdot, cerpen, pantun, cerita
rakyat, puisi, drama, novel, hikayat
|
laporan
hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial,
berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah,
proposal, karya ilmiah, resensi,
|
laporan hasil observasi,
eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita
sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal, karya ilmiah, resensi, surat lamaran
pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik, esai, anekdot,
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||||
Membaca Teks Nonsastra
|
Membaca
Sastra
|
Menulis Teks Nonsastra
|
Menulis Teks Sastra
|
Ciri dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
|
Aspek Kebahasaan pada Teks
|
|
surat lamaran pekerjaan, artikel,
buku ilmiah, kritik dan esai
|
surat
lamaran pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik, esai, anekdot, cerpen, novel
sejarah, novel, cerita rakyat,
hikayat,
puisi, drama
|
cerpen, novel sejarah, novel,
cerita rakyat, hikayat, puisi, drama
|
Catatan: Kutipan Teks/Bacaan yang digunakan
sebagai konteks (stimulus) diupayakan
sesuai dengan rumpun SMK
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI USBN Bahasa Indonesia KURIKULUM 2013 TAHUN 201819"
Posting Komentar