KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KISI-KISI UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
1.        Bahasa Indonesia SMK/MAK



Lingkup Materi


Level Kognitif




Menyunting Kata/Istilah,

Menyunting Ejaan


Membaca Nonsastra

Membaca Sastra

Menulis Terbatas
Frasa, Kalimat, dan
dan Tanda Baca



Paragraf





Pengetahuan dan
Pemahaman
   Mengidentifikasi
   Memaknai
   Menentukan
Peserta didik dapat memaknai istilah/kata
Peserta didik dapat
-   menentukan kata yang bermakna konotatif/kias dalam karya sastra
-   menentukan majas dalam karya sastra
-   mengidentifikasi unsur karya sastra
Peserta didik dapat melengkapi dengan kata/istilah yang tepat sesuai konteks
Peserta didik dapat
-   mengidentifikasi kesalahan penggunaan
kata
-   mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
-   mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Peserta didik dapat
-     mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
-     mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Aplikasi
   Menangkap
informasi eksplisit
   Menginterpretasikan
   Menangkap
informasi implisit
   Menggunakan
Peserta didik dapat
-    menemukan ide pokok
-    menyimpulkan isi
tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab-akibat)
-    menemukan inti kalimat
Peserta didik dapat
-     menentukan isi
tersurat dalam karya sastra
-     menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra
Peserta didik dapat
-   melengkapi unsur teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi)
-   melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)
-   melengkapi unsur ulasan
-   melengkapi unsur teks prosedur (langkah)
Peserta didik dapat
-  menggunakan istilah dalam kalimat
-  menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
-  menggunakan kalimat (mengisi kalimat yang sesuai)
Peserta didik dapat
-    menggunakan ejaan
-    menggunakan tanda baca


Lingkup Materi
Level Kognitif




Menyunting Kata/Istilah,

Menyunting Ejaan


Membaca Nonsastra

Membaca Sastra

Menulis Terbatas
Frasa, Kalimat, dan
dan Tanda Baca



Paragraf





Penalaran
   Menunjukkan bukti
   Membandingkan
   Menanggapi/ mengomentari
   Merefleksi
   Mengevaluasi
Peserta didik dapat
-    membuat ringkasan teks
-    mengomentari pendapat yang terdapat pada teks
-    menunjukkan bukti dari simpulan
-    menunjukkan hubungan antarbagian teks
Peserta didik dapat
-    menganalisis hubungan antarunsur
-    menentukan bukti watak, latar
-    mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
-    menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
-    membandingkan pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
-    meringkas isi karya sastra
Peserta didik dapat
-    mengurutkan peristiwa dalam cerita
-    mengurutkan langkahlangkah dalam teks prosedur/petunjuk
-    memvariasikan kata(sinonim)
-    memvariasikan kalimat
-    menyusun paragraf dari beberapa data
-    menyusun simpulan dari beberapa data
Peserta didik dapat
-    memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak
logis, tidak lengkap)
-    memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf
-    memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Peserta didik dapat
-    memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
-    memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
2.        Bahasa Inggris – SMK/MAK
Level Kognitif

Lingkup Materi

Fungsi Sosial
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan


Pengetahuan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:
-   topik/isu/masalah
-   tujuan/fungsi/pesan
-   latar belakang/alasan
-   akibat/dampak/manfaat
-   sikap/nilai yang diusung
-   peran dan fungsi pembicara/penulis
-   peran dan fungsi pendengar/pembaca
-   konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
-  pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
-  rincian argumentasi, langkahlangkah, peristiwa, deskripsi
-  plot, alur pikiran
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
-   persamaan kata, makna frasa, makna idiom
-   word order
-   article, demonstrative, possessive pronoun
-   agreement dan number
-   tenses
-   passive voice
-   referensi gramatika
-   kata sambung
-   preposisi
-   referensi makna
Aplikasi
     Membandingkan
     Mengklasifikasi
     Menjelaskan
Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspekaspek fungsi sosial:
-   topik/isu/masalah
-   tujuan/fungsi/pesan
-   latar belakang/alasan
-   akibat/dampak/manfaat
-   sikap/nilai yang diusung
-   peran dan fungsi pembicara/penulis
-   peran dan fungsi pendengar/pembaca
-   konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
-  pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
-  rincian argumentasi, langkahlangkah, peristiwa, deskripsi
-  plot, alur pikiran
Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
-   persamaan kata, makna frasa, makna idiom
-   word order
-   article, demonstrative, possessive pronoun
-   agreement dan number
-   tenses
-   passive voice
-   referensi gramatika - kata sambung
Level Kognitif

Lingkup Materi


Fungsi Sosial
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan





-                      preposisi
-                      modal
-                      kalimat conditional
-                      konstruksi derivative - referensi makna
Penalaran
     Menyimpulkan
     Merinci perbedaan/ persamaan
     Menganalisis
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial:
-   topik/isu/masalah
-   tujuan/fungsi/pesan
-   latar belakang/alasan
-   akibat/dampak/manfaat
-   sikap/nilai yang diusung
-   peran dan fungsi pembicara/penulis
-   peran dan fungsi pendengar/pembaca
-   konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan menganalisis keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
-  pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama
-  rincian argumentasi, langkahlangkah, peristiwa, deskripsi
-  plot, alur pikiran
Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
-   persamaan kata, makna frasa, makna idiom
-   word order
-   article, demonstrative, possessive pronoun
-   agreement dan number
-   tenses
-   passive voice
-   referensi gramatika
-   kata sambung
-   preposisi
-   modal
-   kalimat conditional
-   konstruksi derivative
-   kalimat, frasa, ungkapan simpulan - referensi makna
Keterangan :
Jenis teks-teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:
1)     Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. memuji, menawarkan, menyarankan)
2)     Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label)
3)     Descriptive, recount, procedure, report
3.        Matematika Teknik - SMK/MAK



Lingkup Materi

Level Kognitif




Aljabar

Geometri dan Trigonometri

Statistika dan peluang

Kalkulus

Pengetahuan dan
Pemahaman
   Mengidentifikasi
   Menjelaskan
   Memberi contoh
   Menghitung
   Membaca
Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:
-   pangkat, bentuk akar,  logaritma
-   matriks dan sifat-sifatnya
-   sistem persamaan linier dua variabel
-   persamaan kuadrat
-   fungsi kuadrat
-   logika matematika(pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan)
-   barisan dan deret
-   program linear
Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep: - perbandingan trigonometri
-  unsur-unsur bangun ruang
-  hubungan antara unsur bangun ruang
-  transformasi geometri
-  koordinat kutub dan katesius
Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:
-   penyajian data dalam tabel dan diagram - ukuran letak
-   ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran
-   peluang kejadian, kaidah pencacahan dan frekuensi harapan
Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang grafik fungsi dan sifat-sifatnya yang meliputi: - limit fungsi
-   turunan fungsi
-   integral
-   garis singgung
Aplikasi
   Mengklasifikasi
   Menyelesaikan masalah
   Menentukan
   Menerapkan
   Memprediksi
   Mengoperasikan
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:
-   hasil operasi matriks
-   determinan dan invers
-   sistem persamaan linier dua variabel
-   persamaan kuadrat
-   fungsi kuadrat
-   barisan dan deret
-   program linear
-   logika matematika (pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan)
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam: - perbandingan trigonometri
-  aturan sinus, aturan cosinus, dan luas segitiga
-  transformasi geometri
-  jarak antar unsur bangun ruang
-  besar sudut antar unsur bangun ruang
-  unsur dan persamaan lingkaran
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:
-   ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran
-   aturan pencacahan
-   peluang kejadian
-   frekuensi harapan
-   penyajian data dalam tabel dan diagram
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:
-   limit fungsi
-   turunan fungsi
-   integral tak tentu
-   selang kemonotonan
(fungsi naik dan fungsi turun)
-   garis singgung kurva



Lingkup Materi
Level Kognitif


Aljabar

Geometri dan Trigonometri

Statistika dan peluang

Kalkulus

Penalaran
   Membandingkan
   Membedakan
   Menyeleksi
   Menganalisis
   Menyimpulkan
   Menginterpretasikan
   Menyusun
   Mengaktualisasi
   Menerapkan gagasan
Peserta didik dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan:
-   masalah barisan dan deret
-   nilai optimum
Peserta didik dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan masalah trigonometri
Peserta didik dapat menggunakan nalar  untuk
menginterpretasikan masalah
statistika
Peserta didik dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan: - masalah turunan - masalah integral


4.        Matematika Akuntansi – SMK/MAK



Lingkup Materi

Level Kognitif




Aljabar

Geometri

Statistika dan peluang

Pengetahuan dan
Pemahaman
     Mengidentifikasi
     Menghitung
     Membedakan
     Menjelaskan
     Memberi contoh
Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang:
-  pangkat, bentuk akar, logaritma
-  matriks dan sifat-sifatnya
-  operasi matriks
-  sistem persamaan linier 2 variabel
-  persamaan kuadrat
-  fungsi kuadrat
-  logika matematika(pernyataan, negasi, pernyataam majemuk, penarikan kesimpulan)
-  barisan dan deret
-  program linear
Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang transformasi geometri
Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang:
-   penyajian data dalam tabel dan diagram
-   ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran
-   ukuran letak
-   peluang kejadian
-   kaidah pencacahan
-   frekuensi harapan
Aplikasi
     Menentukan
     Menerapkan
     Mengoperasikan
     Menyelesaikan masalah
     Mengklasifikasi
Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:
-   operasi matriks
-   determinan dan invers matriks
-   sistem persamaan linear 2 variabel
-   persamaan kuadrat
-   fungsi kuadrat
-   logika matematika(pernyataan, negasi, pernyataam majemuk, penarikan kesimpulan)
-   barisan dan deret
-   program linear
Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang transformasi geometri
Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:
-   ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran
-   ukuran letak
-   peluang kejadian
-   kaidah pencacahan
-   frekuensi harapan



Lingkup Materi

Level Kognitif



Aljabar

Geometri

Statistika dan peluang

Penalaran
     Menganalisis
     Membandingkan
     Menerapkan gagasan
     Mengevaluasi
     Menyimpulkan
     Menginterpretasikan
     Merumuskan
Peserta didik dapat mengunakan kemampuan penalaran yang berkaitan dengan:
-   barisan dan deret
-   program linear
Peserta didik dapat menggunakan kemampuan penalaran yang berkaitan dengan transformasi geometri
Peserta didik dapat menggunakan kemampuan penalaran yang berkaitan dengan statistika


5.        Matematika Pariwisata – SMK/MAK


Lingkup Materi

Level Kognitif
Aljabar

Geometri dan Trigonometri

Statistika

Pengetahuan dan
Pemahaman
   Mengidentifikasi
   Menyebutkan
   Mengubah
   Menjelaskan
   Membedakan
   Memberi contoh
   Menghitung
   Menunjukkan
Peserta didik dapat memahami tentang:
-  operasi bilangan bentuk pangkat, bentuk akar, dan logaritma
-  persamaan kuadrat
-  pertidaksamaan linear dua variabel
-  matriks
-  program linear
-  pola bilangan/barisan
-  deret aritmatika dan geometri
Peserta didik dapat memahami tentang:
-  transformasi suatu titik atau bangun datar
-  perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
-  aturan sinus dan kosinus
Peserta didik dapat memahami tentang:
-  pengertian statistik, populasi, dan sampel
-  penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram
-  ukuran pemusatan (mean, median, dan modus)
-  ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil)
-  ukuran penyebaran (jangkauan, ratarata simpangan, varians, dan standar deviasi)
Aplikasi
     Menentukan
     Menerapkan
     Menyelesaikan masalah
     Mengkonstruksi
     Mengklasifikasi
     Mengoperasikan
Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:
-  persamaan kuadrat
-  sistem persamaan linear dua variabel
-  matriks
-  program linear
-  pola bilangan/barisan
-  deret aritmetika dan geometri
Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:
-   perbandingan trigonometri
-   aturan sinus dan kosinus
-   aturan sinus dalam kaitannya dengan luas segitiga
-   transformasi suatu titik atau bangun datar
Peserta didik dapat mengaplikasikan penyajian tentang:
-   penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
-   ukuran pemusatan (mean, median, dan modus)
-   ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil)
-   ukuran penyebaran (jangkauan, ratarata simpangan, varians, dan standar deviasi)



Lingkup Materi

Level Kognitif
Aljabar

Geometri dan Trigonometri

Statistika

Penalaran
     Menganalisis
     Menginterpretasi
     Membandingkan
     Mengevaluasi
     Merumuskan
     Menyimpulkan
     Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
-  pangkat, bentuk akar dan logaritma
-  program linear
-  barisan dan deret
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan aturan sinus atau kosinus
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
-  penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
-  ukuran pemusatan (mean, median, dan modus)
|

Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel