KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Februari 15, 2019
Tambah Komentar
KISI-KISI UJIAN NASIONALSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUANTAHUN PELAJARAN 2018/20191. Bahasa Indonesia SMK/MAK
Lingkup Materi Level Kognitif Menyunting Kata/Istilah, Menyunting Ejaan Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Frasa, Kalimat, dan dan Tanda Baca Paragraf Pengetahuan danPemahaman• Mengidentifikasi• Memaknai• Menentukan Peserta didik dapat memaknai istilah/kata Peserta didik dapat- menentukan kata yang bermakna konotatif/kias dalam karya sastra- menentukan majas dalam karya sastra- mengidentifikasi unsur karya sastra Peserta didik dapat melengkapi dengan kata/istilah yang tepat sesuai konteks Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaankata- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat Peserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca Aplikasi• Menangkapinformasi eksplisit• Menginterpretasikan• Menangkapinformasi implisit• Menggunakan Peserta didik dapat- menemukan ide pokok- menyimpulkan isitersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab-akibat)- menemukan inti kalimat Peserta didik dapat- menentukan isitersurat dalam karya sastra- menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi)- melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)- melengkapi unsur ulasan- melengkapi unsur teks prosedur (langkah) Peserta didik dapat- menggunakan istilah dalam kalimat- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- menggunakan kalimat (mengisi kalimat yang sesuai) Peserta didik dapat- menggunakan ejaan- menggunakan tanda baca
Lingkup Materi Level Kognitif Menyunting Kata/Istilah, Menyunting Ejaan Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Frasa, Kalimat, dan dan Tanda Baca Paragraf Penalaran• Menunjukkan bukti• Membandingkan• Menanggapi/ mengomentari• Merefleksi• Mengevaluasi Peserta didik dapat- membuat ringkasan teks- mengomentari pendapat yang terdapat pada teks- menunjukkan bukti dari simpulan- menunjukkan hubungan antarbagian teks Peserta didik dapat- menganalisis hubungan antarunsur- menentukan bukti watak, latar- mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra- membandingkan pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)- meringkas isi karya sastra Peserta didik dapat- mengurutkan peristiwa dalam cerita- mengurutkan langkahlangkah dalam teks prosedur/petunjuk- memvariasikan kata(sinonim)- memvariasikan kalimat- menyusun paragraf dari beberapa data- menyusun simpulan dari beberapa data Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidaklogis, tidak lengkap)- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf- memperbaiki kesalahan penggunaan kata Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca 2. Bahasa Inggris – SMK/MAK
Level Kognitif Lingkup Materi Fungsi Sosial Struktur Teks Unsur Kebahasaan Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:- topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan- akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi pembicara/penulis- peran dan fungsi pendengar/pembaca- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama- rincian argumentasi, langkahlangkah, peristiwa, deskripsi- plot, alur pikiran Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:- persamaan kata, makna frasa, makna idiom- word order- article, demonstrative, possessive pronoun- agreement dan number- tenses- passive voice- referensi gramatika- kata sambung- preposisi- referensi makna Aplikasi• Membandingkan• Mengklasifikasi• Menjelaskan Peserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspekaspek fungsi sosial:- topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan- akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi pembicara/penulis- peran dan fungsi pendengar/pembaca- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) Peserta didik dapat membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama- rincian argumentasi, langkahlangkah, peristiwa, deskripsi- plot, alur pikiran Peserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:- persamaan kata, makna frasa, makna idiom- word order- article, demonstrative, possessive pronoun- agreement dan number- tenses- passive voice- referensi gramatika - kata sambung Level Kognitif Lingkup Materi Fungsi Sosial Struktur Teks Unsur Kebahasaan - preposisi- modal- kalimat conditional- konstruksi derivative - referensi makna Penalaran• Menyimpulkan• Merinci perbedaan/ persamaan• Menganalisis Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial:- topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan- akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi pembicara/penulis- peran dan fungsi pendengar/pembaca- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan menganalisis keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama- rincian argumentasi, langkahlangkah, peristiwa, deskripsi- plot, alur pikiran Peserta didik dapat menyimpulkan, merinci perbedaan/persamaan, menganalisis unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:- persamaan kata, makna frasa, makna idiom- word order- article, demonstrative, possessive pronoun- agreement dan number- tenses- passive voice- referensi gramatika- kata sambung- preposisi- modal- kalimat conditional- konstruksi derivative- kalimat, frasa, ungkapan simpulan - referensi maknaKeterangan :Jenis teks-teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:1) Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. memuji, menawarkan, menyarankan)2) Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label)3) Descriptive, recount, procedure, report3. Matematika Teknik - SMK/MAK
Lingkup Materi Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang Kalkulus Pengetahuan danPemahaman• Mengidentifikasi• Menjelaskan• Memberi contoh• Menghitung• Membaca Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:- pangkat, bentuk akar, logaritma- matriks dan sifat-sifatnya- sistem persamaan linier dua variabel- persamaan kuadrat- fungsi kuadrat- logika matematika(pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan)- barisan dan deret- program linear Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep: - perbandingan trigonometri- unsur-unsur bangun ruang- hubungan antara unsur bangun ruang- transformasi geometri- koordinat kutub dan katesius Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:- penyajian data dalam tabel dan diagram - ukuran letak- ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran- peluang kejadian, kaidah pencacahan dan frekuensi harapan Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang grafik fungsi dan sifat-sifatnya yang meliputi: - limit fungsi- turunan fungsi- integral- garis singgung Aplikasi• Mengklasifikasi• Menyelesaikan masalah• Menentukan• Menerapkan• Memprediksi• Mengoperasikan Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:- hasil operasi matriks- determinan dan invers- sistem persamaan linier dua variabel- persamaan kuadrat- fungsi kuadrat- barisan dan deret- program linear- logika matematika (pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan) Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam: - perbandingan trigonometri- aturan sinus, aturan cosinus, dan luas segitiga- transformasi geometri- jarak antar unsur bangun ruang- besar sudut antar unsur bangun ruang- unsur dan persamaan lingkaran Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:- ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran- aturan pencacahan- peluang kejadian- frekuensi harapan- penyajian data dalam tabel dan diagram Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:- limit fungsi- turunan fungsi- integral tak tentu- selang kemonotonan(fungsi naik dan fungsi turun)- garis singgung kurva
Lingkup Materi Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang Kalkulus Penalaran• Membandingkan• Membedakan• Menyeleksi• Menganalisis• Menyimpulkan• Menginterpretasikan• Menyusun• Mengaktualisasi• Menerapkan gagasan Peserta didik dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan:- masalah barisan dan deret- nilai optimum Peserta didik dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan masalah trigonometri Peserta didik dapat menggunakan nalar untukmenginterpretasikan masalahstatistika Peserta didik dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan: - masalah turunan - masalah integral
4. Matematika Akuntansi – SMK/MAK
Lingkup Materi Level Kognitif Aljabar Geometri Statistika dan peluang Pengetahuan danPemahaman• Mengidentifikasi• Menghitung• Membedakan• Menjelaskan• Memberi contoh Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang:- pangkat, bentuk akar, logaritma- matriks dan sifat-sifatnya- operasi matriks- sistem persamaan linier 2 variabel- persamaan kuadrat- fungsi kuadrat- logika matematika(pernyataan, negasi, pernyataam majemuk, penarikan kesimpulan)- barisan dan deret- program linear Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang transformasi geometri Peserta didik dapat memahami dan menguasai tentang:- penyajian data dalam tabel dan diagram- ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran- ukuran letak- peluang kejadian- kaidah pencacahan- frekuensi harapan Aplikasi• Menentukan• Menerapkan• Mengoperasikan• Menyelesaikan masalah• Mengklasifikasi Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:- operasi matriks- determinan dan invers matriks- sistem persamaan linear 2 variabel- persamaan kuadrat- fungsi kuadrat- logika matematika(pernyataan, negasi, pernyataam majemuk, penarikan kesimpulan)- barisan dan deret- program linear Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang transformasi geometri Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:- ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran- ukuran letak- peluang kejadian- kaidah pencacahan- frekuensi harapan
Lingkup Materi Level Kognitif Aljabar Geometri Statistika dan peluang Penalaran• Menganalisis• Membandingkan• Menerapkan gagasan• Mengevaluasi• Menyimpulkan• Menginterpretasikan• Merumuskan Peserta didik dapat mengunakan kemampuan penalaran yang berkaitan dengan:- barisan dan deret- program linear Peserta didik dapat menggunakan kemampuan penalaran yang berkaitan dengan transformasi geometri Peserta didik dapat menggunakan kemampuan penalaran yang berkaitan dengan statistika
5. Matematika Pariwisata – SMK/MAK
Lingkup Materi Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika Pengetahuan danPemahaman• Mengidentifikasi• Menyebutkan• Mengubah• Menjelaskan• Membedakan• Memberi contoh• Menghitung• Menunjukkan Peserta didik dapat memahami tentang:- operasi bilangan bentuk pangkat, bentuk akar, dan logaritma- persamaan kuadrat- pertidaksamaan linear dua variabel- matriks- program linear- pola bilangan/barisan- deret aritmatika dan geometri Peserta didik dapat memahami tentang:- transformasi suatu titik atau bangun datar- perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku- aturan sinus dan kosinus Peserta didik dapat memahami tentang:- pengertian statistik, populasi, dan sampel- penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram- ukuran pemusatan (mean, median, dan modus)- ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil)- ukuran penyebaran (jangkauan, ratarata simpangan, varians, dan standar deviasi) Aplikasi• Menentukan• Menerapkan• Menyelesaikan masalah• Mengkonstruksi• Mengklasifikasi• Mengoperasikan Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:- persamaan kuadrat- sistem persamaan linear dua variabel- matriks- program linear- pola bilangan/barisan- deret aritmetika dan geometri Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:- perbandingan trigonometri- aturan sinus dan kosinus- aturan sinus dalam kaitannya dengan luas segitiga- transformasi suatu titik atau bangun datar Peserta didik dapat mengaplikasikan penyajian tentang:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan (mean, median, dan modus)- ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil)- ukuran penyebaran (jangkauan, ratarata simpangan, varians, dan standar deviasi)
Lingkup Materi Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika Penalaran• Menganalisis• Menginterpretasi• Membandingkan• Mengevaluasi• Merumuskan• Menyimpulkan• Menjelaskan hubungan konseptual dan informasi faktual Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:- pangkat, bentuk akar dan logaritma- program linear- barisan dan deret Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan aturan sinus atau kosinus Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan (mean, median, dan modus) |
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019"
Posting Komentar