Soal Prediksi 2, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
Januari 17, 2019
Tambah Komentar
Soal Prediksi 2, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
1. | Pada sistem penyejuk udara komponen yang berfungsi untuk merubah gas dalam tekanan dan suhu rendah menjadi gas dalam suhu dan tekanan yang tinggi adalah … | |
A | Evaporator | |
B | Kondensor | |
C | Kompresor | |
D | Receiver dryer | |
E | Blower |
2. | Expansion Valve pada sistem penyejuk udara berfungsi untuk … | |
A | Memampatkan refrigerant | |
B | Mengabutkan refrigrant kedalam evaporator, agar refrigerant cair dapat segera berubah menjadi gas | |
C | Mensirkulasikan udara kedalam ruang penumpang | |
D | Merubah cairan refrigerant dalam suhu dan tekanan tinggi menjadi suhu dan tekanan yang rendah | |
E | Merubah gas refrigerant tekanan dan suhu yang tinggi menjadi cairan refrigerant dalam suhu dan tekanan rendah |
3. | Urutan siklus pendinginan yang benar adalah … | |
A | Compresor – evaporator – Dryer – Condensor – Expansion valve | |
B | Compresor – condenser – Dryer – Evaporator – Expansion valve | |
C | Compresor – condenser – Dryer – Expansion valve – evaporator | |
D | Compresor – Dryer – condenser – expansion valve – evaporator | |
E | Compresor – expansion valve – dryer – evaporator – condenser |
4. | Pada sistem kelistrikan penyejuk udara , komponen yang berfungsi untuk melindungi sistem apabila tekanan didalam sistem terlalu tinggi atau terlalu rendah adalah … | |
A | Thermostat | |
B | Saklar tekan ganda (dual pressure switch) | |
C | Sekring (fuse) | |
D | Relay | |
E | Kopling magnet |
5. | Sistem AC berguna untuk mengontrol kelembaman udara dalam mobil, komponen AC yang berfungsi merubah gas menjadi cairan refrigerant adalah … | |
A | Expansion valve | |
B | Compressor | |
C | Evaporator | |
D | Condensor | |
E | Dryer |
6. | Komponen pada system AC yang berfungsi untuk menampung refrigerant cair untuk sementara, yang untuk selanjutnya mengalirkan ke evaporator melalui expansion valve, sesuai dengan beban pendinginan yang dibutuhkan adalah … | |
A | Evaporator | |
B | Expansion valve | |
C | Receiver/dryer | |
D | Compresor | |
E | Condensor |
7. | Untuk menghindari berkurangnya efek pendinginan yang disebabkan pembekuan air yang ada yang ada pada fin pada evaporator yang telalu dingin <0°C pada system AC maka dipasang peralatan tambahan … | |
A | Anti Frosting Devices | |
B | Elemen pemanas | |
C | Pressure switch | |
D | Blower | |
E | Sirip-sirip |
8. | Untuk mengontrol tekanan pada sisi tekanan tinggi apabila pada sisi tekanan tinggi terjadi tekanan berlebih atau terlalu rendah, maka secara otomatis akan menyetop switch sehingga magnetic clutch menjadi off pada system AC maka dipasang peralatan tambahan… | |
A | Anti Frosting Devices | |
B | Elemen pemanas | |
C | Pressure switch | |
D | Blower | |
E | Expansion valve |
9. | Dibawah ini merupakan jenis compressor system AC tipe rotary adalah … | |
A | Tipe crank | |
B | Tipe swash plate | |
C | Tipe Reciprocating | |
D | Tipe in line | |
E | Tipe Through Vane |
10. | Komponen pada system AC yang berfungsi memutus dan menghubungkan putaran kompresor dengan putaran mesin adalah … | |
A | Kompresor | |
B | Kondensor | |
C | Katup ekspansi | |
D | Manometer | |
E | Kopling magnet |
11. | Untuk mencegah mesin mati saat system AC dinyalakan pada kendaraan maka dilengkapi dengan … | |
A | Thermostat | |
B | Idle up | |
C | Pompa akselerasi | |
D | Choke | |
E | Putaran stasioner |
12. | Alat yang berfungsi untuk mengosongkan dan mengisi refrigerant pada system AC dinamakan … | |
A | Pressure gauge | |
B | Manifold gauge | |
C | Receiver dryer | |
D | Sight glass | |
E | Kompresor |
13. | Jenis kompresor dimana sisi piston yang berfungsi hanya satu sisi saja dan pada kepala silindernya terdapat dua katup yaitu katup hisap dan katup penyalur adalah… | |
A | Kompresor tipe Rotary | |
B | Kompresor tipe Crank | |
C | Kompresor tipe vane | |
D | Kompresor tipe swash plate | |
E | Kompresor tipe reciprocating |
14. | Kompresor system penyejuk udara yang terdiri dari sejumlah piston dengan interval 72° untuk kompresor 10 silinder dan interval 120° untuk kompresor 6 silinder adalah … | |
A | Rotary | |
B | Crank | |
C | Vane | |
D | Swash plate | |
E | Reciprocating |
15. | Alat yang digunakan untuk memeriksa kebocoran gas refrigran dengan menggunakan nyala api yaitu … | |
A | Gas leak detector | |
B | Electronik leak detector | |
C | Manifold gauge | |
D | Kaca duga | |
E | Flame leak detector |
16. | Pengertian kelistrikan bodi di bawah ini yang paling tepat adalah …. | |
A | Suatu sistem kelistrikan yang arusnya mengalir pada bodi kendaraan. | |
B | Semua sistem kelistrikan yang berhubungan dengan bodi kendaraan. | |
C | Semua sistem kelistrikan pada bodi kendaraan, dan bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenikmatan saat berkendara. | |
D | Salah satu bagian kendaraan yang sangat berpengaruh terhadap komponen kelistrikan kendaraan. | |
E | Sistem kelistrikan yang membuat pengendara nyaman saat berkendara. |
17. | Fungsi sistem lampu kepala adalah untuk …. | |
A | Menerangi jalan pada bagian depan kendaraan. | |
B | Memberi isyarat adanya serta lebarnya dari sebuah kendaraan pada malam hari bagi kendaraan lain, baik yang ada di depan maupun di belakang. | |
C | Memberikan isyarat bahwa kendaraan bermaksud mundur. | |
D | Memberi tanda bahwa kendaraan akan membelok atau pindah jalur. | |
E | Mencegah terjadinya benturan dengan kendaraan di belakang. |
18. | Sistem lampu kepala dibedakan menurut tipenya , yaitu …. | |
A | Lampu dekat dan lampu belakang. | |
B | Lampu hazard dan lampu jauh. | |
C | Lampu belok dan lampu mundur. | |
D | Lampu Sealed-Beam dan lampu Semi Sealed-Beam. | |
E | Lampu dekat dan lampu jauh. |
19. | Pernyataan yang tepat mengenai lampu heartz halogen pada sistem lampu kepala adalah... | |
A | Memiliki pelindung berbentuk bulat terhadap filamentnya. | |
B | Lampu lebih panas dibandingkan dengan bola lampu biasa saatdigunakan. | |
C | Umur lampu tahan lama meskipun oli/gemuk menempel pada permukaannya. | |
D | Perawatannya yang lebih mudah dibandingkan dengan lampu biasa. | |
E | Semua pernyataan salah. |
20. | Fungsi lampu kota berikut ini yang paling tepat adalah …. | |
A | Memberi isyarat adanya serta lebarnya dari sebuah kendaraan pada malam hari bagi kendaraan lain, baik yang ada di depan maupun di belakang. | |
B | Mencegah terjadinya benturan dengan kendaraan di belakang. | |
C | Memberikan isyarat bahwa kendaraan bermaksud mundur. | |
D | Memberi tanda bahwa kendaraan akan membelok atau pindah jalur. | |
E | Menerangi jalan pada bagian depan kendaraan. |
21. | Fungsi lampu sein berikut ini yang paling tepat adalah …. | |
A | Memberikan isyarat keberadaan kendaraan dari bagian depan,belakang, dan kedua sisi selama berhenti dan parkir dalam keadaan darurat. | |
B | Mencegah terjadinya benturan dengan kendaraan di belakang. | |
C | Memberi tanda bahwa kendaraan akan membelok atau pindah jalur. | |
D | Memberikan isyarat bahwa kendaraan bermaksud mundur. | |
E | Menerangi jalan pada bagian depan kendaraan. |
22. | Fungsi lampu parkir berikut ini yang paling tepat adalah …. | |
A | Memberi isyarat adanya serta lebarnya dari sebuah kendaraan pada malam hari bagi kendaraan lain, baik yang ada di depan maupun di belakang. | |
B | Mencegah terjadinya benturan dengan kendaraan di belakang. | |
C | Memberikan isyarat bahwa kendaraan bermaksud mundur. | |
D | Memberi tanda bahwa kendaraan akan membelok atau pindah jalur. | |
E | Menerangi jalan pada bagian depan kendaraan. |
23. | Saat lampu sen dihidupkan, maka lampu akan berkedip dengan interval.... | |
A | 30 – 120 kali/menit. | |
B | 40 – 120 kali/menit. | |
C | 50 – 120 kali/menit. | |
D | 60 – 120 kali/menit. | |
E | 70 – 120 kali/menit. |
24. | Alat yang menyebabkan berkedipnya lampu sein ketika saklar ditekan dan mempunyai interval waktu berkedip disebut.... | |
A | Flasher | |
B | Fusible link | |
C | Dimmer switch | |
D | Relay | |
E | Fuse |
25. | Berikut ini ketentuan ukuran kabel pada sirkuit kelistrikan yang digunakan pada kelistrikan bodi, kecuali …. | |
A | Besarnya arus yang lewat. | |
B | Panjang dari suatu sirkuit kelistrikan. | |
C | Besarnya tegangan yang lewat. | |
D | Penurunan tegangan yang diijinkan. | |
E | Resistan yang digunakan. |
26. | Komponen-komponen penghubung jaringan pada kelistrikan bodi yaitu ... | |
A | relay, junction block, connector dan baut massa. | |
B | Connector, baut massa, relay block dan junction block. | |
C | Baut massa, konektor, fusible link, dan junction block. | |
D | Relay, connector, fusible link dan baut massa. | |
E | Relay block, baut massa, fuse, dan junction block. |
27. | Berikut ini komponen-komponen pelindung sirkuit jaringan kabel pada kelistrikan bodi yaitu, kecuali .... | |
A | Fuse | |
B | Relay block | |
C | Fusible link | |
D | Saklar | |
E | Circuit breaker |
28. | Fungsi fuse pada sistem rangkaian kelistrikan adalah ..... | |
A | Mengijinkan arus listrik mengalir melewati rangkaian kelistrikan. | |
B | Melindungi semua komponen kelistrikan dari arus berlebih yang datang. | |
C | Melindungi kabel penghubung agar tidak terbakar. | |
D | Menyeimbangkan arus yang masuk dan keluar. | |
E | Memutuskan arus listrik yang mengalir pada rangkaian kelistrikan. |
29. | Menurut tipenya fuse dibagi menjadi dua yaitu...... | |
A | Blade dan link | |
B | Blade dan lever switch | |
C | Blade dan cartidge | |
D | Link dan cartidge | |
E | Link dan lever switch |
30. | Tipe-tipe saklar yang benar pada kelistrikan bodi dibawah ini, kecuali..... | |
A | Saklar tarik | |
B | Saklar putar | |
C | Saklar ungkit | |
D | Saklar tuas | |
E | Saklar tekan |
31. | Berfungsi untuk mengatur tingkat kecepatan dalam proses pemindahan tenaga dari sumber tenaga ke roda kendaraan adalah… | |
A | Kopling | |
B | Transmisi | |
C | Propeller shaft | |
D | Differensial | |
E | Universal Joint |
32. | Letak atau posisi transmisi pada kendaraan dipasang dibelakang… | |
A | Kopling | |
B | Transmisi | |
C | Propeller shaft | |
D | Differensial | |
E | Universal joint |
33. | Transmisi dikenal dengan istilah… | |
A | Engine | |
B | Clutch | |
C | Gear box | |
D | Fine drive/Differensial | |
E | Kopel/Profeller shaft |
34. | Pada unit power train, transmisi termasuk komponen yang ke.. | |
A | 1 | |
B | 2 | |
C | 3 | |
D | 4 | |
E | 5 |
35. | Unit power train yang berfungsi sebagai pemutus dan penghubung tenaga dan putaran engine fly wheel ke input transmission adalah... | |
A | Kopling | |
B | Propeller shaft | |
C | Universal joint | |
D | Differensial | |
E | Rear axle shaft |
36. | Unit power train yang berfungsi meneruskan putaran dari differensial ke roda adalah... | |
A | Kopling | |
B | Propeller shaft | |
C | Universal joint | |
D | Differensial | |
E | Rear axle shaft |
37. | Komponen yang ke 5 pada unit power train adalah... | |
A | Kopling | |
B | Propeller shaft | |
C | Universal joint | |
D | Differensial | |
E | Rear axle shaft |
38. | Dibawah ini yang tidak termasuk ke dalam system pemindah tenaga disebut… | |
A | Kopling | |
B | Master cylinder | |
C | Transmisi | |
D | Propeller shaft | |
E | Differensial |
39. | Jenis transmisi manual yang sekarang banyak dipergunakan pada kendaraan modern adalah… | |
A | Sliding mesh type | |
B | Constant mesh type | |
C | Synchromesh type | |
D | Overdrive | |
E | Automatic transmission |
40. | Jenis transmisi manual yang paling sederhana sekali konstruksinya adalah… | |
A | Sliding mesh type | |
B | Constant mesh type | |
C | Synchromesh type | |
D | Overdrive | |
E | Automatic transmission |
41. | Sedangkan jenis transmisi yang kontruksinya terdapat roda gigi yang tetap selalu berhubungan (berkaitan) disebut…. | |
A | Sliding mesh type | |
B | Constant mesh type | |
C | Synchromesh type | |
D | Overdrive | |
E | Automatic transmission |
42. | Komponen synchromesh dimana diameter luarnya dibuat alur untuk tempat kedudukan shift fork adalah… | |
A | Clutch hub | |
B | Clutch heal sleeve | |
C | Synchornizer ring | |
D | Shifiing key | |
E | Key spring |
43. | Komponen transmisi yang berhubungan dengan kopling adalah… | |
A | Input shaft transmission | |
B | Output shaft transmission | |
C | Counter shaft | |
D | Counter gear | |
E | Shift fork |
44. | Komponen transmisi yang berhubungan dengan propeller shaft adalah… | |
A | Input shaft transmission | |
B | Output shaft transmission | |
C | Counter shaft | |
D | Counter gear | |
E | Shift fork |
45. | Untuk mengoperasionalkan transmisi yaitu merubah dari kecepatan yang satu ke kecepatan yang lain, maka pada transmisi dipasang…. | |
A | Mekanisme selector | |
B | Shift lever | |
C | Shift fork | |
D | Shift fork lock | |
E | Shift fork head |
46. | Dimana perpindahan giginya terjadi secara otomatis berdasarkan beban mesin adalah fungsi dari… | |
A | Automatic transmission | |
B | Sliding mesh transmission | |
C | Synchormesh transmission | |
D | Coustant mesh transmission | |
E | OverdriveI |
Belum ada Komentar untuk "Soal Prediksi 2, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan"
Posting Komentar