Pendahuluan E-rapor SMK

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG DAN TUJUAN

Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan pada akhir satuan pendidikan dan ujian sekolah/madrasah. Lingkup Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan, dan lingkup penilaian hasil belajar oleh Satuan Pendidikan mencakup aspek pengetahuan dan aspek keterampilan.

Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Hal ini mencakup penilaian autentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah/madrasah. Untuk mempermudah dalam melakukan penilaian dan menganalisis hasil penilaian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMK memandang perlu untuk menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Teknologi Informasi dan komunikasi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari televisi, telepon seluler, hingga internet telah menjadi bagian kebutuhan bahkan gaya hidup manusia modern. Hal ini dibuktikan dengan penetrasi internet di Indonesia yang telah mencapai level desa. Keadaan ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi telekomunikasi yang telah meng-cover 90% wilayah pemukiman di Indonesia, tidak terkecuali Sekolah Menengah Kejuruan. Bisa dikatakan hampir 100% SMK telah menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi baik sebagai materi pembelajaran (mata pelajaran KKPI, Simulasi Digital, dan CAD) maupun sebagai bagian dari teknologi pendidikan.

Mengingat keterbatasan sumber daya dan kualifikasi personal yang ada, Direktorat Pembinaan SMK memandang perlu untuk mendapatkan tenaga professional untuk mengembangakan aplikasi penilaian SMK berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang disebut dengan e-rapor. Pada tahun 2014, Direktorat Pembinaan SMK sejatinya telah mengembangkan aplikasi e-Rapor khusus 2013 dibantu oleh tenaga ahli dari Universitas Negeri Padang dan didukung oleh tim pengembang Dapodikmen. Aplikasi tersebut telah terintegrasi dengan Dapodikmen dan saat itu dapat diunduh melalui laman Direktorat Pembinaan SMK. Namun, sejak kurikulum 2013 “ditangguhkan” dan terjadi perombakan dalam basis data Dapodikmen, aplikasi inipun ikut “ditangguhkan”.

Setelah disahkannya Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Pendidikan oleh Pendidik dan dirilisnya Panduan Penilaian untuk SMK, maka Direktorat Pembinaan SMK pada tahun 2016 ini memandang perlu untuk mengembangkan kembali aplikasi e-Rapor yang berlaku untuk Kurikulum KTSP 2006 dan KTSP 2013. Aplikasi e-Rapor yang dikembangkan saat ini adalah perangkat lunak berbasis web untuk mempermudah pendidik dan satuan pendidikan mengimplementasikan Permendikbud tersebut. Tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk mempermudah dalam menyusun laporan hasil penilaian peserta didik berupa laporan per penilaian, laporan pencapaian kompetensi, rapor, dan legger.

B. MEKANISME PENGGUNAAN E-RAPOR

Aplikasi e-Rapor adalah aplikasi client-server berbasis web. Pengembangan aplikasi erapor berbasis web ini bukan tanpa alasan. Alasan terbesarnya adalah fleksibilitas perangkat yang dapat mengakses aplikasi ini. Selama pengguna menggunakan perangkat yang memiliki web browser, baik itu PC Desktop, Notebook, smartphone, atau tablet maka pengguna dapat menggunakan aplikasi ini. Oleh sebab itu untuk menggunakannya, aplikasi ini harus diinstall pada suatu komputer yang diperankan sebagai server.

Pengoperasiannya pun bisa dalam ruang lingkup sekolah (intranet) atau internet. Hal ini sangat tergantung dari kemampuan sekolah. Sebagai langkah awal, admin atau operator yang ditunjuk oleh sekolah melakukan instalasi aplikasi terlebih dahulu, mengisi data-data referensi, dan kemudian memberikan hak akses pengguna kepada guru (termasuk wali kelas dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum), staf tata usaha, dan siswa. Menu untuk masingmasing pengguna/user akan secara otomatis menyesuaikan dengan hak aksesnya.

C. KEBUTUHAN MINIMUM SISTEM

Spesifikasi minimal server lokal yang harus disediakan untuk aplikasi e-Rapor adalah sebagai berikut:

Hardware o Processor Intel Core i5 (Prosesor 64 bit) o RAM minimal 4 GB DDR3

o Jenis PC/Tower/Desktop dan bukan Laptop o UPS Minimal 500VA o Ethernet port

Software o Sistem Operasi 64 bit (Windows 7/Windows server 8/Linux) o Apache 2.4 o PHP 5.6 o Mysql 5.0 o MySQL Settings (my.ini) max_allowed_packet = 100M o Apache settings (php.ini) max_execution_time=3000

Brainware o Administrator adalah tenaga pendidik atau tenaga kependidikan memiliki kompetensi atau pengalaman di bidang teknologi informasi dan komunikasi

D. ALUR PROSES

Alur proses penggunaan aplikasi ini adalah sebagai berikut :

clip_image001

Gambar 1. Alur Proses Penggunaan e-Rapor

E. HAK AKSES

Pada aplikasi e-rapor ini terdapat 6 tingkatan pengguna yaitu Administrator, Tata Usaha, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wali Kelas, Guru, dan Siswa/Orang tua siswa. Untuk guru dapat memiliki status sebagai wali kelas, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Adapun hak akses pengguna untuk setiap fitur e-rapor adalah sebagai berikut.

FITUR

ADMIN

TATA USAHA

WAKA KURIKULUM

WALI KELAS

GURU

SISWA

Konfigurasi

Konfigurasi Umum

Ed

Backup & Restore

Ex

Ex

Hak Akses Pengguna

Ed

Referensi

Referensi Guru

Ed

Ed

R

R

Referensi Rombel

Ed

Ed

R

R

Referensi Siswa

Ed

Ed

R

R

Referensi Mapel

Ed

Ed

R

Referensi KD

Ed

Ed

R

Ed

Referensi KKM

Ed

Ed

R

Referensi

Ekstrakurikuler

Ed

Ed

R

Referensi Teknik Penilaian

Ed

Ed

R

Perencanaan

Penilaian Pengetahuan

R

Ed

Penilaian Keterampilan

R

Ed

Penilaian

Penilaian Sikap

R

Ed

Penilaian Pengetahuan

R

Ed

Penilaian Keterampilan

R

Ed

Deskripsi per Mapel

R

Ed

Laporan Hasil Belajar

Deskripsi Sikap

R

Ed

Catatan wali kelas

R

Ed

Absensi

R

Ed

Ekstrakurikuler

R

Ed

Praktik Kerja Lapangan

R

Ed

Prestasi Siswa

R

Ed

Cetak rapor

R

Ex

Cetak legger

R

Ex

Monitoring

Analisis Hasil Penilaian

R

R

R

Pencapaian Kompetensi

R

R

R

FITUR

ADMIN

TATA USAHA

WAKA KURIKULUM

WALI KELAS

GURU

SISWA

Prestasi Individu siswa

R

R

R

R

Profil

Profil Sekolah

Ed

Ed

R

R

R

R

Profil User

Ed

Ed

Ed

Ed

Ed

Ed

R = Read, Hanya lihat

Ed = Buat Baru, Edit

Ex = Eksekusi

Belum ada Komentar untuk "Pendahuluan E-rapor SMK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel